Senin, 08 Juni 2015

The Old Batavia Festival Budaya 2014 di Kota Tua, Jakarta


The Old Batavia Complex, atau dikenal sebagai "Kota Tua", sektor sejarah ibukota metropolitan Jakarta, akan menjadi hidup dengan perayaan selama Festival Budaya Old Batavia dijadwalkan berlangsung pada akhir pekan 08-09 November dengan tahun 2014.

Disampaikan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta, festival ini akan menampilkan beragam offolk hiburan dan pertunjukan seni tradisional. Tenggelam dalam suasana Bygone Days Jakarta yang sempurna sesuai dengan setting Complex Old Batavia, acara akan dipusatkan di Fatahilah Square di plaza Museum Fatahilah.

Uniknya, festival tidak hanya akan disorot oleh atraksi budaya dari kelompok etnis Betawi dari Jakarta tetapi juga oleh beberapa pertunjukan seni budaya peranakan Tionghoa. Di antara fitur utama yang disajikan adalah seni bela diri Pencak Silat, Betawi ensemble musik tradisional ofGambang kromong, drama rakyat lucu dari Lenong, dan banyak tarian tradisional yang menarik. Mewakili budaya Cina akan menjadi seni bela diri Wushu, dan Barongsai Barongsai.

Sorot khusus festival akan bermain kolosal berpusat pada kisah Imam Syafei, atau lebih dikenal di sini sebagai Bang Pi'i. Bang Pi'i adalah preman jalanan dari Pasar Senenmarket yang berhasil bangkit di menonjol dan bahkan menjadi Menteri Keamanan selama pemerintahan Presiden pertama Indonesia, Soekarno.

Menurut Wawan Hermawan, Kepala Seksi untuk Pameran dan Pertunjukan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, festival akan menampilkan beragam budaya, warisan dan etnis yang telah berkumpul untuk menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan ibu kota Jakarta. Wawan lebih lanjut menambahkan bahwa acara ini dimaksudkan untuk melestarikan budaya tradisional Jakarta dengan fokus pada kompleks Old Batavia sebagai situs warisan berharga.

Dijadwalkan akan dibuka secara resmi oleh Plt Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, - lebih populer disebut Ahok, Festival Budaya Old Batavia akan diadakan 15,00-21,00 Waktu Indonesia Barat pada Sabtu, 8 November, dan mulai pukul 06.00 sampai 15.00 Waktu Indonesia Barat pada Minggu, 9 November, 2014. 
(sumber : Indonesia.travel)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar